BERITA

  • Hadapi Tahun Pelajaran Baru, MA Laboratorium UIN SU Medan siap Implementasikan Kurikulum Merdeka.

    Hadapi Tahun Pelajaran Baru, MA Laboratorium UIN SU Medan siap Implementasikan Kurikulum Merdeka.

    Mengikuti alur perubahan adalah sebuah keniscayaan yang pada dasarnya harus diawali dengan proses adaptasi dalam pembelajaran. MA Laboratorium UIN SU Medan pada tahun pelajaran baru 2024/2025 ini siap menggunakan Kurikulum Merdeka sebagai penyempurna Kurikulum 2013 yang sudah sekian lama dan berdampak baik bagi siswa dan madrasah. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Nivia, Medan pada Senin, 3 Juni 2024 selama 1 hari penuh.

    Namun perkembangan pendidikan dan pola adaptasi pengetahuan merupakan hal yang tidak bisa ditinggalkan, Untuk mendukung visi pendidikan Indonesia, dan sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka (yang sebelumnya disebut sebagai kurikulum prototipe) dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik.

    Dikutip dari kemendikbud.go.id bahwa “Hasil Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan bahwa 70% siswa berusia 15 tahun berada di bawah kompetensi minimum dalam memahami bacaan sederhana atau menerapkan konsep matematika dasar. Skor PISA ini tidak mengalami peningkatan yang signifikan dalam sepuluh hingga lima belas tahun terakhir. Studi tersebut memperlihatkan adanya kesenjangan besar antarwilayah dan antarkelompok sosial-ekonomi dalam hal kualitas belajar. Hal ini diperparah dengan adanya pandemi COVID-19”,  maka Untuk mengatasi hal tersebut, Kemendikbudristek melakukan penyederhanaan kurikulum dalam kondisi khusus (kurikulum darurat) untuk memitigasi ketertinggalan pembelajaran (learning loss) pada masa pademi. Hasilnya, dari 31,5% sekolah yang menggunakan kurikulum darurat menunjukkan, penggunaan kurikulum darurat dapat mengurangi dampak pandemi sebesar 73% (literasi) dan 86% (numerasi).

    “Pelakaksanaan workshop IKM ini sangat bermanfaat bagi madrasah pemula dalam meimplementasikan IKM, terkait dengan pengenalan dan sosialisai, madrasah kita sudah melakukannya oada tahun lalu, guru-guru di madrasah kita juga  terampil dan mandiri dalam mencari informasi berkaitan dengan kurikulum merdeka ini, saya optimis sebagai kepala madrasah dalam implementasi kurikulum merdeka ini” Ucap Kepala Madrasah, Dr. Zunidar, M.P dalam sambutannya.

    “Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka di madrasahmerupakan kegiatan yang sangat membantu guru-guru dalam proses adaptasi dengan IKM ini, dalam siklus tahapan IKM perlu diperhatiakn tiga tahapan yaitu, Diagnostik, perencanaan, dan pembelajaran.” sambung Nanda Desra, S.Pd sebagai penanggungjawab Kurikulum di madrasah.

    Kurikulum Merdeka Belajar adalah inovasi dalam pendidikan Indonesia yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan minat belajar siswa. Kurikulum ini memberikan kebebasan kepada siswa dalam memilih minat belajar mereka, mengurangi beban akademik, dan mendorong kreativitas guru. Tujuannya adalah meningkatkan kualitas pembelajaran, membentuk karakter siswa yang mandiri, dan mengurangi kesenjangan dalam pendidikan. Selanjutnya pengembangan secara mandiri akan dijalankan oleh guru dan siswa pada tahun pelajaran 2024/2025.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks